tak-iya.com – Madura dan Surabaya sebenarnya bisa dibilang sangat dekat karena hanya dipisah oleh selat Madura. Dahulu sebelum adanya jembatan Suramadu, orang-orang yang akan menyebrang ke Madura atau ke Surabaya harus menggunakan kapal ferry.

Waktu tempuh menggunakan kapal ferry kurang lebih setengah jam, namun biasanya jika sedang ramai harus antri dulu dan bisa menunggu hingga berjam-jam. Namun sejak adanya jembatan Suramadu membuat Surabaya-Madura semakin dekat, yaitu hanya 5 Km dan bisa ditempuh sekitar 10 menit.

Madura mempunyai empat Kabupaten yaitu dari paling Barat adalah Kab. Bangkalan, Sampang, Pamekasan dan paling ujung timur adalah Kab. Sumenep. Jika dihitung-hitung waktu antar kabupaten bisa ditempuh sekitar satu jam. Kecuali jarak antara Bangkalan dan Sampang yang mempunyai jarak lebih jauh dan waktu tempuh lebih dari satu jam. Selebihnya antara Sampang-Pamekasan atau Pamekasan-Sumenep mempunyai waktu tempuh sekitar satu jam.

Bagi yang ingin berkunjung ke Madura caranya sangat mudah. Banyak alternative transportasi yang bisa digunakan dari Surabaya. Silahkan pilih tergantung tebal kantong, yaitu :

1. Pesawat (Juanda Surabaya-Sumenep). Pasti tidak percaya kalau di Madura ada bandara udara ya? Iya betul, di Madura hanya ada satu bandara kecil yaitu di Sumenep, pesawat yang mendaratpun hanya pesawat perintis. Harga tiket sekitar Rp. 200-300rb, namun sayangnya hanya tersedia hari Sabtu-Minggu saja.

2. Travel. Jika ingin transportasi yang lebih private dan tidak terlalu ramai, travel bisa menjadi pilihan paling baik. Jenis mobil yang digunakan biasanya berpenumpang tujuh orang, seperti mobil avanza. Harganya cukup ekonomis, kalau rangenya sekitar Rp. 70-120rb dari Pamekasan ke Surabaya Timur-Barat (jika turun di Surabaya harganya paling murah dibandingkan Surabaya Barat)

3. Bus Patas. Bus Patas merupakan transportasi favorit yang bisa didapatkan dari terminal Bungurasih. Bus Patas mempunyai keunggulan dalam hal ketepatan waktu, karena hanya berhenti di tempat-tempat tertentu. Fasilitas lebih lengkap full AC dan busnya relative masih baru. Harganya pun lebih murah dibandingkan travel yaitu berkisar Rp. 45-50rb (Surabaya-Pamekasan). Bus patas tersedia setiap 1-2 jam sekali. Untuk menuju terminal Bungurasih dari Bandara Juanda pun sangat mudah, kalau mau cepat bisa naik taksi atau bisa juga menggunakan bus Damri (Juanda-Bungurasih) hanya Rp 20.000 – 25.000

4. Bus Ekonomi. Nah, bus ekonomi juga bisa didapatkan di terminal Bungurasih. Bus ekonomis paling murah yaitu sekitar Rp. 20rb-30rb (Surabaya-Pamekasan) Cuma waktu tempuh yang lebih lama dibandingkan Patas. Bus Ekonomi seringkali berhenti untuk naik turun penumpang. Bahkan bisa saja ngetem menunggu penumpang penuh. Untuk fasilitas ada yang full AC dan ada pula yang tanpa AC (untung-untungan).

5. Motor atau mobil pribadi. Kalau kendaraan pribadi hanya perlu persiapakan tiket jembatan Suramadu. Untuk mobil Rp. 30.000 sedangkan Motor Rp. 6000
Bagaimana? Jadi Berkunjung ke Madura? Kami tunggu kehadirannya ya.

Salam damai dari Madura #Clurit #LanJalan #tak-iya.com


Fatal error: Allowed memory size of 134217728 bytes exhausted (tried to allocate 87 bytes) in /home/sloki/user/k5777841/sites/tak-iya.com/www/wp-includes/class-wp-comment.php on line 205