Hutan Mangrove, Wonorejo, Surabaya

tak-iya.com – Wisata Mangrove, Wonorejo, Surabaya ini perlu dikunjungi bagi pencinta alam. Pasalnya inilah salah satu hutan bakau yang disulap menjadi tempat wisata menarik oleh ibu walikota Surabaya, Tri Rismaharini.

Surabaya yang notebene merupakan wilayah yang berbatasan langsung dengan selatan pulau Madura, tentu ekosistemnya tidak berbeda jauh dengan Madura yang juga punya bakau disepanjang pantai selatan pulau Madura.

Hutan Bakau berperan penting bagi keberlangsungan hidup berbagai organisme di laut, darat dan udara, bahkan keberadaannya menjadi pelindung abrasi air laut untuk keselamatan manusia.

Bagi organisme di laut, hutan bakau menjadi tempat  tinggal dan berkembang biak aneka jenis ikan, udang, kepiting dan mahluk hidup lainnya. Di pohon aneka burung singgah, bertelur dan membesarkan anaknya.

Jika hutan bakau tidak dipelihara dan dilestarikan bagaimana dengan keberlangsungan mahluk hidup tersebut?

Ide untuk membuat tempat wisata hutan magrove merupakan ide bagus, satu sisi untuk melestarikan hutan magrove dan sebagai tempat rekreasi bagi masyarakat yang membutuhkan ruang terbuka hijau.  Sisi lain, dengan wisata ini pemerintah daerah bisa meningkatkan pendapatan daerahnya untuk kesejahteraan masyarakat.

2 KOMENTAR

LEAVE A REPLY