tak-iya.com – Rasanya istilah endorse mulai dikenal setelah istagram menjadi hits di dunia sosial media. Endorse umumnya menggunakan akun sosmed yang mempunyai follower atau friends buanyak untuk mempromosikan barang dagangan.

Endorse atau endorsment arti sebenarnya adalah dukungan atau saran. Namun untuk endorse di sosial media kurang lebih artinya, pemilik bisnis meminta dukungan ke artis atau akun sosmed yang mempunyai follower buanyak untuk mempromosikan barangnya . Kemudian foto artis yang sedang menggunakan barangnya diunggah ke akun sosmed artis tersebut.

Si artis untung dengan mendapat barang gratisan dan mungkin keuntungan lain yang sudah dibicarakan dengan pemilik barang, sedangkan pemilik barang mendapat keuntungan promosi bisnisnya. Kedua belah pihak seharusnya sama-sama diuntungkan.

Nah, namanya juga manusia,  ingin selalu berusaha meraih yang terbaik. Begitu pula dengan artis yang sudah terkenal di panggung hiburan. Sekali pajang foto di akun sosmednya, pasti langsung ribuan follower ngelike. Artinya akun sosmed artis pasti mempunyai nilai komersial tinggi. Banyak pemilik usaha yang ingin mengendorse artis.

Begitu juga dengan Ayu Ting ting yang banyak tawaran untuk endorse barang. Termasuk ketika Luna Maya yang notabene juga artis papan atas dengan buanyak follower berniat menggunakan jasa Ayu Ting-ting mengendorse bisnisnya. Apa daya ketika barang yang diberikan ke Ayu, tidak diupload di akun sosmednya. Akhirnya Luna Maya pun meradang dan meng’unfollow’ akun instagram Ayu Ting-ting.

Padahal sudah artis, sudah terkenal, sudah banyak duitnya tapi masih mencoba berbisnis. Kadang ada yang bilang, buat hobi atau cuma buat buang uang receh, tapi ada juga yang berbisnis karena memang passionnya ingin berwirausaha. Tapi apapun itu kalau ujung-ujungnya memutus silaturahmi antar teman, ya mending endorse tak-iya.com aja. Lha? #modus

LEAVE A REPLY